» Penipuan Hadiah Telkomsel Poin
1 April 2013

Penipuan Undian Telkomsel Poin

Ketika hadiah menjadi petaka


Persaingan antar perusahaan telekomunikasi rupanya tidak hanya terjadi dalam perebutan pelanggan baru di dunia nyata saja, tetapi juga dalam dunia maya dimana penipu digital juga ikut "bersaing" mendapatkan korban yang dapat dikelabui dengan memberikan harapan palsu bahwa mereka memenangkan undian yang ujung-ujungnya menipu korbannya untuk melakukan transfer dana, walaupun sebenarnya pemerintah dan penyelenggara undian pada umumnya sudah menerapkan "pajak undian" ditanggung penyelenggara sehingga mempersempit ruang gerak penipu. Namun penipu tetap memanfaatkan celah dimana informasi bahwa pajak pemenang undian ditanggung penyelenggara ini rupanya belum diketahui secara meluas oleh masyarakat. Trik terakhir yang digunakan penipu adalah memanfaatkan celah BBN biaya balik nama kendaraan dimana pemenang undian dikabarkan mendapatkan hadiah mobil (umumnya Avanza) dan diminta untuk segera mentransferkan biaya balik nama kendaraan guna mendapatkan kendaraan tersebut.

Kalau tema Sido Muncul merupakan juara favorit para penipu digital mengirimkan SMS palsu maka di dunia telekomunikasi ada dua perusahaan besar yang menjadi favorit penipu yang bahkan sampai membuatkan situs khusus seakan-akan situs resmi perusahaan telko guna meyakinkan calon korbannya. Adapun beberapa situs favorit yang digunakan untuk membuat situs gadungan ini. Pada awalnya situs favorit yang digunakan oleh penipu adalah situs gratis blogspot.com dan wordpress.com. Namun perkembangna terakhir yang dipantau oleh Vaksincom menunjukkan bahwa penipu melakukan gerakan cepat dengan menggunakan situs gratis lain seperti www.webs.com dan www.jimdo.com. Bahkan ada beberapa penipu yang cukup bermodal dam membuatkan situs resmi www.telkomselpoin2013.com yang saat pembuatan artikel ini sudah tidak aktif dan selain .com domain yang digunakan juga .co.nf (Norfolk Island) yang syarat kepemilikan domainya sangat mudah sehingga dapat digunakan untuk keperluan penipuan.

Celakanya, dua situs gratis yang memang sangat populer ini (Blogspot dan Wordpress) juga digunakan oleh pihak yang terkait dengan perusahaan telko ini sebagai sarana untuk menginformasikan jasa / informasi produknya. Tentunya hal ini sangat berpotensi mengakibatkan kebingungan di mata masyarakat awam, kalau mengatakan bahwa situs perusahaan yang dibuat menggunakan blogspot dan wordpress adalah situs palsu, lalu bagaimana dengan situs perwakilan (resmi / tidak resmi) yang ternyata juga menggunakan blogspot dan wordpress. Tentunya hal ini bisa menjadi pelajaran bagi korporat untuk tidak sembarangan menggunakan situs gratisan yang bisa diakses oleh siapapun (termasuk penipu) sebagai perwakilan situsnya.


Pemanfaatan situs gratis sebagai sarana situs informasi perusahaan dan resikonya

Blogspot dan wordpress adalah salah dua dari banyak situs gratisan yang sangat populer dan banyak tersedia di dunia maya. Dengan beberapa klik dan kemampuan dasar komputer saja pengguna komputer yang awam bisa memiliki situs yang diinginkannya dengan alamat unik [nama pemilik situs].blogspot.com atau wordpress.com. Tidak heran jika situs ini banyak dimanfaatkan oleh perwakilan perusahaan yang meungkin memiliki sumber daya dan biaya kecil untuk menampilkan eksistensinya di dunia maya dan memberikan informasi tentang perusahaan atau aktivitasnya kepada masyarakat. Beberapa situs yang menurut pantauan Vaksincom digunakan oleh perwakilan resmi / tidak termi dari perusahaan telko adalah sebagai berikut :



Sebenarnya dari sisi efisiensi hal ini cukup lumrah karena kemungkinan kebutuhan situs untuk daerah tidak setinggi kantor pusat dan cakupan pemirsa situs daerah relatif terbatas. Mungkin hal ini yang mendasari pemilihan menggunakan situs gratisan sebagai sarana komunikasi. Tetapi jika hal ini menyangkut branding atau merek perusahaan, apalagi perusahaan besar sekelas Indosat dan Telkomsel hal ini cukup berbahaya khususnya berhubungan dengan pemalsuan. Hal ini terbukti dari maraknya situs-situs palsu yang celakanya juga ikut menggunakan fasilitas situs gratisan blogspot.com dan wordpress.com yang kemudian digunakan untuk aktivitas penipuan yang dapat dengan mudah kita temukan di :



Modus yang digunakan oleh penipu cukup menarik dan terkoordinir dengan baik karena mereka akan mengirimkan SMS kepada calon korbannya bahwa nomor “pin” undian yang dimiliki nomor telepon korbannya memenangkan undian dan untuk membuktikan kebenaran tersebut dapat di cek ke situs internet yang memang telah dipersiapkan sebelumnya dan memang ada nomor “pin” di SMS tersebut pada situs yang ditunjukkan pada SMS. Tetapi sebenarnya situs yang diberikan adalah situs palsu dan memang telah dipersiapkan sebelumnya untuk keperluan penipuan.

Adapun trik yang digunakan untuk mengelabui korbannya melakukan transfer uang umumnya adalah bahwa penerima SMS memenangkan hadiah mobil (umumnya Avanza) dan karena itu harus mentransferkan sejumlah uang ke rekening pimpinan cabang Indosat / Telkomsel terdekat. Kelihatannya korban yang disasar terutama adalah korban dari daerah yang kurang awas dan sedikit mendapatkan informasi atas praktik penipuan ini dan dapat diarahkan untuk melakukan transfer uang untuk keperluan BBN kendaraan bermotor yang dimenangkannya.


Solusi

Hal ini kelihatannya sudah disadari oleh oprator telko dimana dalam situs resminya Telkomsel mengeluarkan pressrelease pada tanggal 20 Maret 2013 agar para pelanggannya berhati-hati terhadap penipuan yang memanfaatkan momentum Poin Telkomsel http://www.telkomsel.com/about/news/965-Telkomsel-Himbau-Pelanggan-Berhati-Hati-Terhadap-SMS--amp--Website-Bermodus-Penipuan.html


Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan oleh operator selain untuk mencegah korban yang lebih banyak seperti :

  1. Kreatif mencari program lain yang memberikan manfaat nyata bagi pelanggannya dan menghindari memberikan program undian yang pada dasarnya tidak memberikan keuntungan untuk semua pelanggannya dan cenderung mendorong pelanggannya untuk bermimpi memenangkan undian.

  2. Melakukan screening yang berkesinambungan atas kata-kata yang sering digunakan untuk mengirimkan sms penipu pemenang hadiah dan langsung melakukan antisipasi jika ditemukan aktivitas pengiriman SMS yang mencurigakan.

  3. Mengawasi penggunaan forging nama pengirim sms dan hanya pelanggan SMS bonafid saja yang boleh mengubah / forging nama sender. Selain itu nama sender juga dibatasi nama tertentu saja atau harus mendapat persetujuan terdahulu sebelum dapat digunakan.

  4. Melakukan tindakan proaktif dengan menonaktifkan nomor kartu pengirim sms peinpuan dan bekerjasama dengan pihak terkait untuk melakukan tindakan hukum agar kriminal menjadi jera dan tindakan kriminal penipuan dapat dihentikan.


Salam,

Alfons Tanujaya

info@vaksin.com


PT. Vaksincom

Jl. R.P. Soeroso 7AA

Cikini

Jakarta 10330


Ph : 021 3190 3800

Fx : 021 3190 3500



» Reseller
Banda Aceh | Balikpapan | Bandung (4) | Banjarmasin | Batam | Cilacap | Cirebon | Denpasar | Gorontalo (2) | Jakarta | Lumajang| Makassar (1)
Malang | Medan | Padang | Palangka Raya (1) | Palembang (2) | Pekanbaru | Pontianak | Salatiga | Samarinda
Solo |Surabaya | Yogyakarta | Manado
Jika Anda pengusaha komputer dan berminat untuk bergabung menjadi reseller Vaksincom, silahkan emailkan profile perusahaan Anda ke info@vaksin.com